Fakta Seputar Google “Hummingbird” Algorithm Update

1x1.trans Fakta Seputar Google “Hummingbird” Algorithm Update

Wastrox.com – Di bulan September 2013 Google kembali mengumumkan update terbaru mereka. Kali ini update dinamakan “Hummingbird”. Apakah sebenarnya Google “Hummingbird” ini? Bagaimana cara menanganinya?

Apa itu Google “Hummingbird”?

Google “Hummingbird” adalah algoritma baru Google. Dengan kata lain “Hummingbird” adalah overhaul dari sistem pencarian Google dan bukan merupakan update seperti Google Penguin dan Google Panda.

Apa saja yang terpengaruh oleh Google “Hummingbird”

Pada dasarnya Google “Hummingbird” adalah overhaul sistem yang memperbaiki sistem pencarian Google. Google mengklaim bahwa “Hummingbird” akan memberikan hasil yang lebih akurat untuk pencarian khususnya:

  1. Pencarian percakapan yang fokus pada esensi isi percakapan dan bukan pencarian berdasarkan kata kata dalam kalimat
  2. Pencarian long tail yang fokus kepada makna long tail keywords (semantic)
  3. Pencarian menggunakan suara

Apakah metode SEO akan terpengaruh karena “Hummingbird” update?

Jawabannya bisa iya atau tidak. Iya untuk pencarian yang berkaitan dengan longtail keywords, percakapan dan suara. Tetapi dalam siarannya Google mengklaim tidak ada perubahan dalam pembobotan. Sehingga metode SEO yang ada di panduan Google Webmaster tetap berlaku

Kapan Google “Hummingbird” mulai berlaku?

Berdasarkan siaran resmi dari Google, “Hummingbird” mulai diuji cobakan sebulan yang lalu, artinya pada bulan Agustus 2013 “Hummingbird” sudah mulai diimplementasikan.

Jadi apa sebenarnya “Hummingbird” itu?

“Hummingbird” adalah perbaikan core atau inti dari algoritma Google yang memperbaiki mesin pencari Google agar lebih semantic dan mengacu ke konteks. Bisa jadi Google menggunakan Natural Language Processing (NLP) untuk menganalisis konteks percakapan, suara dan long tail keywords. Google “Hummingbird” juga merupakan perombahan besar, tidak seperti Google Panda dan Penguin yang hanya merombak di bagian indexing engine, Google “Hummingbird” merombak di core sistem.

Apa saja dampak update Google “Hummingbird”?

Dampaknya adalah pencarian dengan suara, percakapan dan long tail keywords akan memberikan hasil yang rebih relevan/ lebih baik dari sebelumnya. Disamping itu kemungkinan metode blackhat yang memanfaatkan longtail keywords tanpa meperdulikan konteks yang terkandung dalam sebuah artikel di suatu webpage akan mengalami penalty atau penurunan ranking.

Referensi:
- Searchengineland.com
- Moz.com

  • Satriyo Achmad

    ohh ternyata hummingbird-nya begitu ya..
    lebih fokus ke pencarian long-tail keyword.. sip jadi ngerti sekarang.. :D